Sabtu, 11 Juli 2015

TUGAS UTS STUDI KELAYAKAN BISNIS

1.      Kemukakan alasan Saudara mengapa sebelum suatu usaha atau bisnis dijalankan perlu dilakukan studi kelayakannya terlebih dahulu, padahal biaya untuk melakukan studi tersebut cukup besar termasuk waktu untuk melakukannya relative lama.
JAWABAN :
Menurut saya, meskipun studi kelayakan bisnis memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit, tapi hal tsb tetap sangat penting dilakukan oleh bisnis yang akan dijalankan karena jika setelah bisnis tsb melewati studi kelayakan dan terbukti tidak layak untuk dijalankan lantas batal dibuat, maka hal tsb telah menyelamatkan biaya, waktu, tenaga, dan fikiran yang lebih banyak daripada biaya dan waktu yang digunakan untuk menganalisis kelayakan bisnisnya.
Jika terbukti bisnis tsb layak dijalankan, maka studi kelayakan bisnis akan membantu pengusaha untuk memudahkan perencanaan termasuk konsep, pengendalian resiko, dan strategi bisnis karena sudah diramalkan tentang hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang. Dengan tersusunnya planning usaha dengan baik dan sistematik, hal tersebut akan memudahkan pelaksanaan pekerjaan (actuating).
Studi kelayakan bisnis juga dapat membantu memudahkan pengawasan dan pengendalian aktualisasi rencana sehingga tidak melenceng dari tujuan melalui deteksi penyimpangan dan pengaruh-pengaruh eksternal.
Dengan kata lain, studi kelayakan bisnis dapat mengantisipasi keterlanjuran pengambilan keputusan investasi yang tidak tepat (tidak menguntungkan).

2.      Menurut Anda logiskah jika organisasi nirlaba memperoleh penghasilan yang sangat besar, sedangkan organisasi bisnis memperoleh penghasilan yang sedikit? Jelaskan disertai dengan contohnya!
JAWABAN :
Menurut saya, logis saja jika organisasi nirlaba memperoleh penghasilan yang lebih besar daripada organisasi bisnis. Hal tsb bisa dikarenakan oleh kedudukan, kualitas layanan, manajemen, dan  reputasi, organisasi nirlaba tsb yang baik sehingga masyarakat yakin dan mempercayakan organisasi tsb sebagai media mereka berderma. Selain itu, organisasi nirlaba bisa memperoleh pendapatan lebih banyak daripada organisasi bisnis karena kedudukannya telah mendunia dan didukung oleh banyak Negara.
Contohnya seperti organisasi WHO (World Health Organization) yang merupakan organisasi nirlaba yang dibawahi oleh PBB sebagai koordiantor kesehatan di dunia. WHO ini bertugas mengendalikan penyebaran penyakit menular, mensponsori program-program yang bertujuan mencegah dan mengobati penyakit-penyakit, dan mendukung perkembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efektif, diagnosa penyakit dan kelainan, dan obat-obatan. Dilihat dari fungsinya, WHO tidak jauh berbeda dari perusahaan-perusahaan farmasi yang mendunia seperti Kalbe (Jepang). Namun, kenyataannya jumlah pendapatan WHO lebih tinggi daripada jumlah pendapatan Kalbe. Hal tsb dikarenakan WHO disponsori oleh seluruh Negara-negara PBB dan sebagian besar pekerjanya merupakan volunteer (sukarelawan) , sementara Kalbe mengandalkan pendapatan dari penjualan produknya dan harus menggaji seluruh pekerjanya sesuai ketentuan. Belum lagi Kalbe harus membayar deviden terhadap para stockholder-nya.

3.      Teknologi yang muncul di sekitar kita dapat menjadi sumber ide atau gagasan usaha, coba Anda jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi, dan berikan contohnya!
JAWABAN :
Teknologi yang muncul di sekitar kita dapat menjadi sumber gagasan usaha, salah 1 alasannya karena perkembangan teknologi sangat besar pengaruhnya terhadap gaya hidup. Contohnya seperti munculnya social media “instagram” yang merupakan aplikasi dimana setiap anggotanya dapat meng-upload foto, gambar, dan video, sehingga para anggota lain dapat melihatnya, menyukai, dan berkomentar. Perkembangan teknologi ini dimanfaatkan oleh para entrepreneur untuk berbisnis. Mereka menawarkan berbagai produk  pendukung gaya hidup yang fashionable, konsumtif, tidak mau ketinggalan (up to date) seperti aksesoris gadget, tas, sepatu, pakaian-pakaian model terbaru, bahkan makanan-minuman impor yang tidak di dapatkan di Negara sendiri dengan mudah dibeli eceran di instagram.

4.      Temukanlah 5 perusahaan yang positioning-nya khas! Aspek manakah yang mereka tonjolkan sebagai diferensiasi? Apakah pembeda yang mereka gunakan cukup mendukung positioning yang sudah ditetapkan? Jelaskan!
JAWABAN :
·         L-Men, menonjolkan aspek kemampuan produk susunya untuk membantu pembentukan masa otot bagi pria yang ingin membentuk badan berotot, gagah, dan menjadi idola wanita. Pembeda L-Men dengan produk pesaingnya adalah L-Men membangun karakter tampan, keren, dan menjadi idola para wanita sebagaimana yang ingin diposisikan dalam benak konsumen melalui iklannya, memiliki lebih baeberapa varian rasa (produk saingannya hanya punya 1 varian rasa). Diferensiasi produk yang digunakan L-Men cukup mendukung positioning yang sudah ditetapkan.
·         WRP, menonjolkan produknya sebagai konsumsi yang paling tepat bagi para wanita perkotaan yang sibuk dan tidak sempat untuk melakukan olahraga teratur dan menginginkan berat badan dan bentuk tubuh ideal (tampak dari iklannya). Pembeda WRP dari produk pesaingnya adalah WRP memiliki paket produk yang lengkap mulai dari susu, sereal pengganti nasi, cemilan, teh, bahkan gula rendah kalori dengan harga yang lebih terjangkau daripada harga produk pesaingnya. Produk WRP juga lebih mudah didapatkan karena tersedia di swalayan dan supermarket sehingga tidak perlu ke dealer khususnya atau partner sales seperti produk pesaing. Diferesiasi produk yang WRP lakukan sudah sangat tepat karena wanita perkotaan yang sibuk tentu menginginkan produk yang mudah didapatkan dimana dan kapan saja dengan paket produk yang lengkap sehingga konsumenna tidak perlu menambah-nambah kesibukan mereka mencari-cari lagi pelengkap produk yang tepat untuk mereka.

·         SoyJoy, menonjolkan produknya sebagai cemilan dan pengganjal lapar dari bahan kacang kedelai yang simple, enak, sehat, rendah kalori, dan  yang paling tepat dikonsumsi wanita di sela-sela kesibukannya. Pembeda SoyJoy dari produk pesaingnya adalah produk ini seperti dikhususkan hanya untuk perempuan saja (sesuai iklan dan desain warna kemasannya), rasanya cenderung lebih frutti yang memberi kesan SoyJo tidak berlemak dan rasanya tidak bikin ‘enek’ tidak seperti produk pesaing yang ada rasa kopi, coklat, dan vanilla, juga menggunakan bahan dasar kacang kedelai yang dikenal sangat baik untuk wanita. (produk pesaing menggunakan bahan beras). Jelas diferensiasi yang dilakukan SoyJoy sudah sangat sesuai dengan posisi yang diharapkannya pada target pasar.
·         Dettol, menonjolkan produknya sebagai sabun dan cairan anti bakteri terpercaya yang paling direkomendasi oleh para dokter dan ahli. Aspek yang membedakan Dettol dengan produk pesaingnya adalah : harganya lebih mahal seolah menanamkan kesanpada konsumen bahwa produknya berkualitas, aromanya lebih terkesan steril, mencantumkan logo IDI (Ikatan Dokter Indonesia) pada kemasan sebagai pendukung produk mereka untuk menanamkan kepercayaan pada konsumen sebagai produk terpercaya. Diferensiasi Dettol sudah tepat untuk mencapai posisi yang dia targetkan.
·         Sun Plaza, menonjolkan diri sebagai pusat perbelanjaan, gaya hidup, dan hiburan untuk kalangan kelas menengah ke atas. Diferensiasi yang dilakukan Sun Plaza adalah dengan membuat desain mallnya yang mewah besar dan nyaman, lokasi strategis di tengah kota dan kawasan elit perkantoran, outlet-outlet fashion, pertokoan, restoran, dan kafe-nya yang berkelas, ternama, dengan konsep yang wah, serta kisaran harga produk-produknya yang relative mahal. Diferensiasi yang dilakukan Sun Plaza sudah sangat tepat untuk mencapai posisi pada benak pengunjung yang mereka targetkan.

5.      Belilah 2 jenis minuman, dan cicipi minuman tersebut. Evaluasilah kedua produk tersebut, anda bandingkan dari aspek :
a.       Rasa, warna, dan tampilan isinya. Menurut Anda apakah yang ingin dicapai oleh produsen dengan rasa yang diciptakannya?
JAWABAN :
Soal kali ini saya memilih perbandingan antara 2 kopi susu kemasan botol yang biasa dijual di swalayan yaitu KOPIKO 78  Caffee Latte dan GOOD DAY Coffee Delight. Harga KOPIKO 78  Rp. 6.700, dan harga Good Day Rp. 5.950



Rasa  KOPIKO 78 : rasa kopinya lebih kuat, lebih kental dan pahit tapi juga memiliki rasa manis yang pas. Sedangkan rasa Good Day, lebih ringan, rasa pahit tidak terlalu terasa, ada aroma vanilla yang lebih terasa, dan rasanya manis.



Warna, tampilan dan isi KOPIKO 78  , lebih pekat dan terlihat sekali kalau kopiko adalah kopi susu yang kental. Sedangkan warna Good Day lebih seperti warna susu coklat atau moka (bukan kopi susu), dan terlihat lebih cair. Dilihat dari table ‘informasi nilai gizi” yang tertera pada kemasan, KOPIKO 78  memiliki kadar energy, lemak, protein, dan natrium yang 2x lipat lebih banyak dari Good Day namun kadar gulanya lebih sedikit.
Menurut saya, dari rasa, warna, tampilan dan isinya,  KOPIKO 78  ingin menciptakan kopi susu instan botol yang dapat diminum langsung tapi rasanya nyaris sama dengan kopi susu seduhan di rumah/di café yang bukan kopi instan. Sedangkan Good Day ingin menciptakan rasa kopi susu yang baru, yang lebih segar dan ringan, beda dari rasa kopi instan bubuk ataupun seduhan kopi susu di rumah.

b.      Kemasan (warna, tampilan, ukuran, bentuk, desain, dll.) Bagaimana menurut Anda dikaitkan dengan pasar sasaran produk tsb?
JAWABAN :
Kemasan KOPIKO 78  terlihat lebih sederhana. Bentuk botolnya tidak macam-macam, desain gambar covernya pun tidak meriah dan elegan. Ukuran botolnya terlihat lebih ramping, tapi isinya sama-sama 250ml dengan kopi susu Good Day. Sedangkan kemasan Good Day terlihat lebih unik. Bentuk botolnya lucu dan gendut, desain gambarnya meriah, ceria dan colorful.
Menurut saya, dilihat dari desain kemasan yang dipilih produsen, KOPIKO 78  ingin menjadikan kalangan dewasa umur 25tahun ke atas dan orang yang sudah bekerja terutama laki-laki menjadi target pasarnya. Sedangkan Good Day ingin meraih pasar di kalangan muda seperti remaja dan mahasiswa, tidak terkecuali wanita. (targeting)
c.       Nama brand (pilihan nama, bentuk huruf, warna nama brand, dll)
JAWABAN :
Brand KOPIKO 78  menurut saya dipilih karena minuman kopi susu ini adalah produk yang dikembangkan dari permen KOPIKO mereka yang sudah sukses di pasar sebelumnya. Tambahan angka 78  ditujukan untuk memberitahu pasar bahwa kopi mereka diseduh dengan suhu air yang sempurna untuk menyeduh kopi yaitu 78 C. Hal ini seolah dibuat produsen untuk menekankan kualitas kopinya pada konsumen. Bentuk huruf KOPIKO  pada kemasan dibuat dengan font dan desain yang sama dengan permen KOPIKO, elegan sekaligus menekankan bahwa rasa minuman ini sama dengan rasa permen KOPIKO. Sedangkan Brand Good Day terkesan ceria, membangkitkan mood ketika meminumnya. Bentuk hurufnya lebih ‘centil’ dan terkesan remaja, warnanya juga colorful. (strategi produsen untuk positioning)

d.      Positioning statement. Menurut Anda positioning apa lagi yang lebih sesuai? Coba buat 3 positioning statement lagi!
JAWABAN :
Positioning lain yang cocok untuk KOPIKO 78  menurut saya seperti :
·         Memposisikan produknya untuk kalangan muda juga karena iklaannya selama ini memperlihatkan lelaki dengan pakaian kantoran yang meminumnya, juga tidak sedikit saya lihat KOPIKO 78  juga dijual di kantin-kantin kampus dan sekolah walaupun harganya lebih mahal Rp. 1.000 dibanding Good Day.
·         Memposisikan produknya untuk kalangan wanita juga (melalui iklan, varian rasa, dsb)
·         Memposisikan produknya pada kalangan menengah dan menengah kebawah.


Positioning lain yang cocok untuk Good Day menurut saya, seperti :
·         Memposisikan produknya tidak pada segmen kopi saja tapi juga minuman coklat, moka, dan milk tea sehingga dapat merambah pasar yang lebih luas termasuk anak sekolahan.
·         Memposisikan produknya pada benak kalangan wanita dewasa (karena rasanya yang ringan sebagai kopi).
·         Memposisikan produknya pada benak kalangan laki-laki dewasa juga, mungkin dengan varian rasa kopi yang lebih pekat.

e.       Kekurangan apa yang anda lihat/rasakan pada produk tsb? Apa yang harus diperbuat produsen untuk memperbaiki kekurangan tsb?
JAWABAN :
Saya tidak melihat dan merasakan adanya kekurangan dari ke-2 produk kopi susu botol ini. Semua yang produsen terapkan pada produknya sudah tepat dan sesuai dengan target pasar yang hendak mereka capai baik dari segi rasa, isi, warna, kemasan dan harganya.

7 komentar:

  1. asli persis banget pertanyaannya sama yang di berikan dosen kepada saya, tapi kayaknya jawaban no 3 agak berbeda denga pendapat saya, tapi its ok, saya cuman kaget aja kog bisa ya pertanyaanya sama persis

    BalasHapus
  2. APA HUBUNGAN PEMBIYAAANN MODAL DENGAN PENYUSUNAN LAPORAN SKB ? mohon bantuannya

    BalasHapus
  3. terima kasih artikelnya, sangat membantu :)

    BalasHapus
  4. cara membuat casflow study kelayakan bisnis

    BalasHapus
  5. nuhuns pisan artikelnya sangat membantu

    BalasHapus