1. Kemukakan
alasan Saudara mengapa sebelum suatu usaha atau bisnis dijalankan perlu
dilakukan studi kelayakannya terlebih dahulu, padahal biaya untuk melakukan
studi tersebut cukup besar termasuk waktu untuk melakukannya relative lama.
JAWABAN :
Menurut saya, meskipun studi kelayakan bisnis memakan biaya
dan waktu yang tidak sedikit, tapi hal tsb tetap sangat penting dilakukan oleh
bisnis yang akan dijalankan karena jika setelah bisnis tsb melewati studi
kelayakan dan terbukti tidak layak untuk dijalankan lantas batal dibuat, maka
hal tsb telah menyelamatkan biaya, waktu, tenaga, dan fikiran yang lebih banyak
daripada biaya dan waktu yang digunakan untuk menganalisis kelayakan bisnisnya.
Jika terbukti bisnis tsb layak dijalankan, maka studi
kelayakan bisnis akan membantu pengusaha untuk memudahkan perencanaan termasuk
konsep, pengendalian resiko, dan strategi bisnis karena sudah diramalkan
tentang hal-hal yang akan terjadi di masa mendatang. Dengan tersusunnya planning usaha dengan baik dan
sistematik, hal tersebut akan memudahkan pelaksanaan pekerjaan (actuating).
Studi kelayakan bisnis juga dapat membantu memudahkan
pengawasan dan pengendalian aktualisasi rencana sehingga tidak melenceng dari
tujuan melalui deteksi penyimpangan dan pengaruh-pengaruh eksternal.
Dengan kata lain, studi kelayakan bisnis dapat mengantisipasi
keterlanjuran pengambilan keputusan investasi yang tidak tepat (tidak
menguntungkan).
2. Menurut
Anda logiskah jika organisasi nirlaba memperoleh penghasilan yang sangat besar,
sedangkan organisasi bisnis memperoleh penghasilan yang sedikit? Jelaskan
disertai dengan contohnya!
JAWABAN :
Menurut saya, logis saja jika organisasi nirlaba memperoleh
penghasilan yang lebih besar daripada organisasi bisnis. Hal tsb bisa
dikarenakan oleh kedudukan, kualitas layanan, manajemen, dan reputasi, organisasi nirlaba tsb yang baik
sehingga masyarakat yakin dan mempercayakan organisasi tsb sebagai media mereka
berderma. Selain itu, organisasi nirlaba bisa memperoleh pendapatan lebih
banyak daripada organisasi bisnis karena kedudukannya telah mendunia dan
didukung oleh banyak Negara.
Contohnya seperti organisasi WHO (World Health Organization) yang merupakan organisasi nirlaba yang
dibawahi oleh PBB sebagai koordiantor kesehatan di dunia. WHO ini bertugas mengendalikan penyebaran penyakit menular, mensponsori
program-program yang bertujuan mencegah dan mengobati penyakit-penyakit, dan
mendukung perkembangan dan distribusi vaksin yang aman dan efektif, diagnosa
penyakit dan kelainan, dan obat-obatan. Dilihat dari fungsinya, WHO tidak jauh
berbeda dari perusahaan-perusahaan farmasi yang mendunia seperti Kalbe
(Jepang). Namun, kenyataannya jumlah pendapatan WHO lebih tinggi daripada
jumlah pendapatan Kalbe. Hal tsb dikarenakan WHO disponsori oleh seluruh
Negara-negara PBB dan sebagian besar pekerjanya merupakan volunteer (sukarelawan) , sementara Kalbe mengandalkan pendapatan
dari penjualan produknya dan harus menggaji seluruh pekerjanya sesuai
ketentuan. Belum lagi Kalbe harus membayar deviden terhadap para stockholder-nya.
3. Teknologi
yang muncul di sekitar kita dapat menjadi sumber ide atau gagasan usaha, coba
Anda jelaskan mengapa hal tersebut dapat terjadi, dan berikan contohnya!
JAWABAN :
Teknologi yang muncul di sekitar kita dapat menjadi sumber
gagasan usaha, salah 1 alasannya karena perkembangan teknologi sangat besar
pengaruhnya terhadap gaya hidup. Contohnya seperti munculnya social media
“instagram” yang merupakan aplikasi dimana setiap anggotanya dapat meng-upload
foto, gambar, dan video, sehingga para anggota lain dapat melihatnya, menyukai,
dan berkomentar. Perkembangan teknologi ini dimanfaatkan oleh para entrepreneur untuk berbisnis. Mereka
menawarkan berbagai produk pendukung
gaya hidup yang fashionable,
konsumtif, tidak mau ketinggalan (up to
date) seperti aksesoris gadget,
tas, sepatu, pakaian-pakaian model terbaru, bahkan makanan-minuman impor yang
tidak di dapatkan di Negara sendiri dengan mudah dibeli eceran di instagram.
4. Temukanlah
5 perusahaan yang positioning-nya
khas! Aspek manakah yang mereka tonjolkan sebagai diferensiasi? Apakah pembeda
yang mereka gunakan cukup mendukung positioning
yang sudah ditetapkan? Jelaskan!
JAWABAN :
·
L-Men, menonjolkan aspek
kemampuan produk susunya untuk membantu pembentukan masa otot bagi pria yang
ingin membentuk badan berotot, gagah, dan menjadi idola wanita. Pembeda L-Men
dengan produk pesaingnya adalah L-Men membangun karakter tampan, keren, dan
menjadi idola para wanita sebagaimana yang ingin diposisikan dalam benak
konsumen melalui iklannya, memiliki lebih baeberapa varian rasa (produk
saingannya hanya punya 1 varian rasa). Diferensiasi produk yang digunakan L-Men
cukup mendukung positioning yang sudah ditetapkan.
·
WRP, menonjolkan
produknya sebagai konsumsi yang paling tepat bagi para wanita perkotaan yang
sibuk dan tidak sempat untuk melakukan olahraga teratur dan menginginkan berat
badan dan bentuk tubuh ideal (tampak dari iklannya). Pembeda WRP dari produk
pesaingnya adalah WRP memiliki paket produk yang lengkap mulai dari susu,
sereal pengganti nasi, cemilan, teh, bahkan gula rendah kalori dengan harga
yang lebih terjangkau daripada harga produk pesaingnya. Produk WRP juga lebih mudah
didapatkan karena tersedia di swalayan dan supermarket sehingga tidak perlu ke
dealer khususnya atau partner sales seperti produk pesaing. Diferesiasi produk
yang WRP lakukan sudah sangat tepat karena wanita perkotaan yang sibuk tentu
menginginkan produk yang mudah didapatkan dimana dan kapan saja dengan paket
produk yang lengkap sehingga konsumenna tidak perlu menambah-nambah kesibukan
mereka mencari-cari lagi pelengkap produk yang tepat untuk mereka.
·
SoyJoy, menonjolkan
produknya sebagai cemilan dan pengganjal lapar dari bahan kacang kedelai yang
simple, enak, sehat, rendah kalori, dan
yang paling tepat dikonsumsi wanita di sela-sela kesibukannya. Pembeda SoyJoy
dari produk pesaingnya adalah produk ini seperti dikhususkan hanya untuk
perempuan saja (sesuai iklan dan desain warna kemasannya), rasanya cenderung
lebih frutti yang memberi kesan SoyJo tidak berlemak dan rasanya tidak bikin
‘enek’ tidak seperti produk pesaing yang ada rasa kopi, coklat, dan vanilla,
juga menggunakan bahan dasar kacang kedelai yang dikenal sangat baik untuk
wanita. (produk pesaing menggunakan bahan beras). Jelas diferensiasi yang
dilakukan SoyJoy sudah sangat sesuai dengan posisi yang diharapkannya pada
target pasar.
·
Dettol, menonjolkan
produknya sebagai sabun dan cairan anti bakteri terpercaya yang paling
direkomendasi oleh para dokter dan ahli. Aspek yang membedakan Dettol dengan
produk pesaingnya adalah : harganya lebih mahal seolah menanamkan kesanpada
konsumen bahwa produknya berkualitas, aromanya lebih terkesan steril, mencantumkan
logo IDI (Ikatan Dokter Indonesia) pada kemasan sebagai pendukung produk mereka
untuk menanamkan kepercayaan pada konsumen sebagai produk terpercaya.
Diferensiasi Dettol sudah tepat untuk mencapai posisi yang dia targetkan.
·
Sun Plaza, menonjolkan diri
sebagai pusat perbelanjaan, gaya hidup, dan hiburan untuk kalangan kelas
menengah ke atas. Diferensiasi yang dilakukan Sun Plaza adalah dengan membuat
desain mallnya yang mewah besar dan nyaman, lokasi strategis di tengah kota dan
kawasan elit perkantoran, outlet-outlet fashion, pertokoan, restoran, dan kafe-nya
yang berkelas, ternama, dengan konsep yang wah, serta kisaran harga produk-produknya
yang relative mahal. Diferensiasi yang dilakukan Sun Plaza sudah sangat tepat
untuk mencapai posisi pada benak pengunjung yang mereka targetkan.
5. Belilah
2 jenis minuman, dan cicipi minuman tersebut. Evaluasilah kedua produk
tersebut, anda bandingkan dari aspek :
a. Rasa,
warna, dan tampilan isinya. Menurut Anda apakah yang ingin dicapai oleh
produsen dengan rasa yang diciptakannya?
JAWABAN :
Soal kali ini saya
memilih perbandingan antara 2 kopi susu kemasan botol yang biasa dijual di
swalayan yaitu KOPIKO 78
Caffee Latte dan
GOOD DAY Coffee Delight. Harga KOPIKO 78
Rp. 6.700, dan harga
Good Day Rp. 5.950
Rasa KOPIKO 78
: rasa kopinya lebih kuat, lebih kental dan pahit tapi juga
memiliki rasa manis yang pas. Sedangkan rasa Good Day, lebih ringan, rasa pahit
tidak terlalu terasa, ada aroma vanilla yang lebih terasa, dan rasanya manis.
Warna, tampilan dan isi KOPIKO 78
, lebih pekat dan
terlihat sekali kalau kopiko adalah kopi susu yang kental. Sedangkan warna Good
Day lebih seperti warna susu coklat atau moka (bukan kopi susu), dan terlihat
lebih cair. Dilihat dari table ‘informasi nilai gizi” yang tertera pada
kemasan, KOPIKO 78
memiliki kadar
energy, lemak, protein, dan natrium yang 2x lipat lebih banyak dari Good Day
namun kadar gulanya lebih sedikit.
Menurut saya, dari rasa, warna, tampilan dan isinya, KOPIKO 78
ingin menciptakan
kopi susu instan botol yang dapat diminum langsung tapi rasanya nyaris sama
dengan kopi susu seduhan di rumah/di café yang bukan kopi instan. Sedangkan
Good Day ingin menciptakan rasa kopi susu yang baru, yang lebih segar dan
ringan, beda dari rasa kopi instan bubuk ataupun seduhan kopi susu di rumah.
b. Kemasan
(warna, tampilan, ukuran, bentuk, desain, dll.) Bagaimana menurut Anda
dikaitkan dengan pasar sasaran produk tsb?
JAWABAN :
Kemasan KOPIKO 78
terlihat lebih
sederhana. Bentuk botolnya tidak macam-macam, desain gambar covernya pun tidak
meriah dan elegan. Ukuran botolnya terlihat lebih ramping, tapi isinya
sama-sama 250ml dengan kopi susu Good Day. Sedangkan kemasan Good Day terlihat
lebih unik. Bentuk botolnya lucu dan gendut, desain gambarnya meriah, ceria dan
colorful.
Menurut saya, dilihat dari desain kemasan yang dipilih
produsen, KOPIKO 78
ingin menjadikan
kalangan dewasa umur 25tahun ke atas dan orang yang sudah bekerja terutama
laki-laki menjadi target pasarnya. Sedangkan Good Day ingin meraih pasar di
kalangan muda seperti remaja dan mahasiswa, tidak terkecuali wanita. (targeting)
c. Nama
brand (pilihan nama, bentuk huruf, warna nama brand, dll)
JAWABAN :
Brand KOPIKO 78
menurut saya dipilih
karena minuman kopi susu ini adalah produk yang dikembangkan dari permen KOPIKO
mereka yang sudah sukses di pasar sebelumnya. Tambahan angka 78
ditujukan untuk
memberitahu pasar bahwa kopi mereka diseduh dengan suhu air yang sempurna untuk
menyeduh kopi yaitu 78
C. Hal ini seolah dibuat produsen untuk menekankan kualitas
kopinya pada konsumen. Bentuk huruf KOPIKO pada kemasan dibuat dengan font dan desain
yang sama dengan permen KOPIKO, elegan sekaligus menekankan bahwa rasa minuman
ini sama dengan rasa permen KOPIKO. Sedangkan Brand Good Day terkesan ceria,
membangkitkan mood ketika meminumnya. Bentuk hurufnya lebih ‘centil’ dan terkesan remaja,
warnanya juga colorful. (strategi produsen untuk positioning)
d. Positioning
statement. Menurut Anda positioning
apa lagi yang lebih sesuai? Coba buat 3 positioning
statement lagi!
JAWABAN :
Positioning lain yang cocok untuk KOPIKO 78
menurut saya seperti
:
·
Memposisikan produknya untuk kalangan muda juga karena iklaannya
selama ini memperlihatkan lelaki dengan pakaian kantoran yang meminumnya, juga tidak
sedikit saya lihat KOPIKO 78
juga dijual di
kantin-kantin kampus dan sekolah walaupun harganya lebih mahal Rp. 1.000
dibanding Good Day.
·
Memposisikan produknya untuk kalangan wanita juga (melalui
iklan, varian rasa, dsb)
·
Memposisikan produknya pada kalangan menengah dan menengah
kebawah.
Positioning lain yang cocok untuk
Good Day menurut saya, seperti :
·
Memposisikan produknya tidak pada segmen kopi saja tapi
juga minuman coklat, moka, dan milk tea sehingga dapat merambah pasar yang
lebih luas termasuk anak sekolahan.
·
Memposisikan produknya pada benak kalangan wanita dewasa
(karena rasanya yang ringan sebagai kopi).
·
Memposisikan produknya pada benak kalangan laki-laki dewasa
juga, mungkin dengan varian rasa kopi yang lebih pekat.
e. Kekurangan
apa yang anda lihat/rasakan pada produk tsb? Apa yang harus diperbuat produsen
untuk memperbaiki kekurangan tsb?
JAWABAN :
Saya tidak melihat dan merasakan adanya kekurangan dari
ke-2 produk kopi susu botol ini. Semua yang produsen terapkan pada produknya
sudah tepat dan sesuai dengan target pasar yang hendak mereka capai baik dari
segi rasa, isi, warna, kemasan dan harganya.
asli persis banget pertanyaannya sama yang di berikan dosen kepada saya, tapi kayaknya jawaban no 3 agak berbeda denga pendapat saya, tapi its ok, saya cuman kaget aja kog bisa ya pertanyaanya sama persis
BalasHapusmaksudnya saya no 2
BalasHapusbukan no 3
terimakasih infonya
BalasHapusAPA HUBUNGAN PEMBIYAAANN MODAL DENGAN PENYUSUNAN LAPORAN SKB ? mohon bantuannya
BalasHapusterima kasih artikelnya, sangat membantu :)
BalasHapuscara membuat casflow study kelayakan bisnis
BalasHapusnuhuns pisan artikelnya sangat membantu
BalasHapus