Sabtu, 11 Juli 2015

INDIKATOR KEBERHASILAN USAHA

Berikut merupakan indicator-indikator keberhasilan dari suatu usaha menurut para pakar :

1.      Kemampuan menyesuaikan diri, produktifitas, kepuasan kerja, kemampuan mendapatkan laba dan pencarian sumber daya.- Steers (1978:45)

2.      Suranti (2006:46), berpendapat bahwa indicator keberhasilan usaha dapan dinilai melalui 3 pendekatan yaitu :
·         Pendekatan pencapaian tujuan menyebutkan bahwa keberhasilan usaha harus dinilai sehubungan dengan pencapaian tujuan yaitu mendapatkan laba atau keuntungan yang merupakan selisih antara harga jual dengan biaya produksi.
·         Pendekatan sistem mengatakan bahwa keberhasilan usaha dinilai cara yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir yaitu bagaimana hubungan antar individu dalam unit usaha dapat bekerjasama dan koordinasi sehingga tercipta kondisi kerja yang kondusif. 
·         Pendekatan konstituensi strategis menyatakan bahwa keberhasilan usaha dinilai dari hubungan baik dengan mitra kerja yang menjadi pendukung kelanjutan unit usaha. Kotler (1997:58) menyebut bahwa yang termasuk mitra usaha/ pihak yang berkepentingan antara lain pelanggan, karyawan, dan pemasok.

3.      Keberhasilan usaha adalah permodalan sudah terpenuhi, penyaluran yang produktif dan tercapainya tujuan organisasi - Ina Primiana (2009:49)

4.       Keberhasilan usaha dapat dilihat dari efisiensi proses produksi yang dikelompokkan berdasarkan efisiensi secara teknis dan efisiensi secara ekonomis. -  Algifari (2003:118)

5.      Apabila setelah jangka waktu tertentu usaha tersebut mengalami peningkatan baik dalam permodalan, skala usaha, hasil atau laba, jenis usaha atau pengelolaan” . Erliah (2007:49) 

6.      Indikator keberhasilan usaha menurut Dwi Riyanti (2003:28), dapat dilihat dari :
·         Peningkatan dalam akumulasi modal atau peningkatan modal
·         Jumlah produksi
·         Jumlah pelanggan
·         Perluasan usaha
·         Perluasan daerah pemasaran
·         Perbaikan sarana fisik dan
·         Pendapatan usaha

7.      Indikator keberhasilan usaha menurut Suryana (2003: 85)  terdiri dari :
·         Modal
·         Pendapatan
·         Volume Penjualan
·         Output produksi

·         Tenaga Kerja

9 komentar: