Sabtu, 11 Juli 2015

KOMUNIKASI BISNIS - REVISI PESAN BISNIS


A.  Keterampilan Merevisi
Dalam menulis surat-surat bisnis yang baik diperlukan proses pemikiran, tenaga, dan waktu yang cukup karena akan sangat berbahaya jika dilakukan dengan ceroboh baik dari sisi substansi isi pesan maupun format penulisannya.
Pesan-pesan bisnis mencakup pesan-pesan bisnis tertulis dan pesan-pesan bisnis yang dsampaikan secara lisan.
1.    Pesan - Pesan Bisnis Tertulis
a.       Mengedit isi, Pengorganisasian, dan Gaya Penulisan
Untuk mengevaluasio efektifitas suatu pesan bisnis secara menyeluruh, keseluruhan dokumen perlu dievaluasi untuk diperhatikan, yaitu :
·         Input poin-poin dengan urutan yang logis
·         Keseimbangan antara hal-hal yang bersifat umum dan khusus
·         Porsi pembahasan pada ide yang paling penting
·         Pemberian fakta-fakta yang mendukung dan melakukan cross check pada fakta-fakta yang ada
·         Penambahan informasi baru
·         Pada pesan-pesan yang panjang, beberapa paragraph pertama mencakup subjek, maksud,dan organisasi bahan.
·         Memuat judul, sub-sub judul, indentasi, huruf tebal, garis bawah, huruf miring, huruf berwarna, table, gambar, dan sejenisnya.

b.      Mengedit mekanika/teknis penulisan, mencakup :
·         Susunan kalimat yang digunakan
·         Penggunaan kapitalisasi secara tepat
·         Penulisan tanda baca secara benar
·         Makna keutuhan suatu kalimat
·         Perhatikan pengelangan kata yang tidak tepat dalam suatu kalimat

c.       Mengedit format dan layout
Memerhatikan format penulisan yang menarik, ditata rapi, bersih, tidak penuh coretan, dan kualitas kertas yang baik akan menjadi pesan bisnis yang dapat menyenangkan audiens sehingga hal tersebut sangat penting diperhatikan.

2.    Pesan - Pesan Bisnis Lisan
Pesan bisnis secara lisan dilakukan melalui antara lain ; rapat/pertemuan bisnis, negosiasi, dan persentasi yang baik. Dalam hal ini penyampai pesan perlu menyiapkan outline yang berkaitan dengan hal yang ingin disampaikan dan pemilihan gaya bahasa yang pantas.


a.       Substansi Pesan, mencakup :
·         Sudahkah inti pesan masuk dalam hal yang disampaikan
·         Apakah data pendukung termasuk dalam isi pesan.

b.      Pengorganisasian Pesan, mencakup :
·         Pembuka
·         Penyampaian inti pesan
·         Penutup

c.       Gaya Bahasa

Gaya bahasa yang digunakan dalam penampaian pesan secara lisan harus lebih menarik dan dinamis karena cara penyampaiannya yang lebih santai, luwes, dan tidak monoton. Melalui penyampaian pesan secara lisan diharapkan audiens dapat lebih mudah menangkap maksud dan tujuan suatu pesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar