Sabtu, 11 Juli 2015

PERUSAHAAN YANG MELAKSANAKAN ETIKA BISNIS DALAM OPERASIONALNYA - PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

PENDAHULUAN
  Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan merupakan himpunan komitmen yang terdiri dari etika bisnis Garuda Indonesia dan etika kerja Insan Garuda Indonesia yang disusun untuk mempengaruhi, membentuk, mengatur dan melakukan kesesuaian tingkah laku agar diperoleh capaian keluaran yang konsisten dan sesuai dengan budaya Garuda Indonesia guna mencapai visi dan misinya.
  Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan berlaku untuk seluruh unsur yang bertindak atas nama Garuda Indonesia, perusahaan anak dan afiliasi di bawah pengendalian, pemegang saham (investor) serta seluruh Pemangku Kepentingan atau mitra kerja yang melakukan transaksi bisnis dengan Garuda Indonesia.
  Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan senantiasa akan disesuaikan dengan perkembangan hukum, sosial, norma, peraturan dan perkembangan bisnis Garuda Indonesia, dan perlu dilaksanakan program internalisasi dan sosialisasi di lingkungan Garuda Indonesia agar semua unsur dapat memahami serta secara aktif mendukung implementasi Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan dapat berjalan dengan baik.
PRINSIP-PRINSIP CORPORATE GOVERNANCE
                Garuda Indonesia merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah (corporate governance), oleh karena itu Garuda Indonesia harus mengikuti beberapa prinsip yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan pemerintahan. Berikut prinsip-prinsip tersebut:
1)      Transparancy
                Untuk menjaga obyektivitas dalam menjalankan bisnis, Perusahaan menyediakan informasi yang material dan relevan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh pemangku kepentingan. Perusahaan mengambil inisiatif untuk mengungkapkan tidak hanya masalah yang disyaratkan oleh peraturan perundang-undangan, tetapi juga hal yang penting untuk pengambilan keputusan oleh pemegang saham, kreditur dan pemangku kepentingan lainnya.
2)      Akuntabilitas
                Perusahaan berupaya utk mempertanggungjawabkan kinerjanya secara transparan dan wajar melalui pengelolaan yang benar, terukur dan sesuai dengan kepentingan Perusahaan dengan tetap memperhitungkan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lain.
3)      Responsibilitas
                Organ Perusahaan (Rapat Umum Pemegang Saham, Dewan Komisaris dan Direksi) mematuhi peraturan perundang-undangan, anggaran dasar dan peraturan Perusahaan serta melaksanakan tanggung jawab terhadap masyarakat dan lingkungan, sehingga dapat terpelihara kesinambungan usaha dalam jangka panjang dan mendapat pengakuan sebagai good corporate citizen.
4)      Independensi
                Untuk melancarkan pelaksanaan asas tata kelola perusahaan yang baik, Perusahaan dikelola secara independen sehingga masing-masing organ Perusahaan tidak saling mendominasi dan tidak dapat diintervensi oleh pihak lain, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan secara obyektif.
5)      Kewajaran dan Kesetaraan
                Dalam melaksanakan kegiatannya, Perusahaan senantiasa memperhatikan kepentingan pemegang saham dan pemangku kepentingan lainnya berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan.
VISI DAN MISI GARUDA INDONESIA
1. Visi Garuda Indonesia adalah menjadi perusahaan
Penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia.
2. Misi Garuda Indonesia adalah sebagai perusahaan
Penerbangan pembawa bendera bangsa (flag carrier) Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan layanan yang profesional.
TATA NILAI GARUDA INDONESIA (FLY-HI)
                Garuda Indonesia telah merumuskan tata nilai yang disebut sebagai FLY-HI sejak 30 Oktober 2007, yang akronimnya merupakan nilai-nilai eFficient & effective; Loyalty; customer centricitY; Honesty & openness dan Integrity.
                Kelima nilai Fly-Hi tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam 10 Perilaku Utama, yaitu:
Picture1.png

  1. Tanggung Jawab kepada Masyarakat
Perilaku yang harus ditampilkan oleh Insan Garuda Indonesia:
a)      Senantiasa menegakkan komitmen bahwa di mana pun unit kerja Perusahaan beroperasi, hubungan baik serta pengembangan masyarakat sekitar merupakan landasan pokok bagi keberhasilan jangka panjang Perusahaan.
b)      Menghargai setiap aktivitas kemitraan yang memberikan kontribusi kepada masyarakat dan meningkatkan nilai sosial dan citra Perusahaan;
c)       Membangun dan membina hubungan yang serasi dan harmonis serta memberi manfaat kepada masyarakat.
d)      Membantu masyarakat yang terkena musibah dan bencana alam.
e)      Tulus dan bertanggung jawab saat menjalankan tanggung jawab sosial masyarakat.
f)       Turut berpartisipasi dalam membangun harkat dan martabat sesuai dengan kondisi sosial dan budaya masyarakat setempat.
g)      Menjadi panutan bagi warga masyarakat sekitarnya
Perilaku yang tidak boleh ditampilkan oleh Insan Garuda Indonesia:
a)      Tidak peka terhadap masalah-masalah yang dialami masyarakat sekitar operasi perusahaan.
b)      Mengambil manfaat untuk kepentingan pribadi pada saat menjalankan tugas penyaluran dana bantuan untuk korban musibah dan bencana.
  1. Tanggung Jawab kepada Pemerintah
Perilaku yang harus ditampilkan oleh Insan Garuda Indonesia:
a)      Mentaati dan memenuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.
b)      Menjalin hubungan yang harmonis, transparan dan konstruktif dengan Instansi Pemerintah.
c)       Mendukung dan mensukseskan program Pemerintah, terutama di bidang pariwisata, budaya, pendidikan dan sosial kemasyarakatan.
Perilaku yang tidak boleh ditampilkan oleh Insan Garuda Indonesia:
a)      Tidak mematuhi peraturan perundang-undangan yang terkait dengan larangan pemberian hadiah dan pemberian lainnya kepada Pejabat Pemerintah.
b)      Memberikan data, informasi dan dokumen Perusahaan yang dibutuhkan oleh Pemerintah secara tidak lengkap atau tidak akurat.
3. Tanggung Jawab kepada Lingkungan
Perilaku yang harus ditampilkan oleh Insan Garuda Indonesia:
a)      Mengoperasikan alat produksi sesuai prosedur yang tidak bertentangan dengan peraturan dan perundang-undangan mengenai lingkungan hidup terutama emisi gas buang dan kebisingan suara.
b)      Bertanggung jawab dan berpartisipasi aktif dalam program pelestarian lingkungan hidup baik tingkat nasional maupun internasional.
c)       Mengupayakan berbagai kreativitas untuk menghasilkan jasa dan layanan yang memberikan nilai tambah ekonomi maupun ekosistem bisnis.
Perilaku yang tidak boleh ditampilkan oleh Insan Garuda Indonesia:
a)      Tidak cermat dalam menentukan jumlah kebutuhan bahan bakar sehingga terjadi pemborosan dan berdampak pada meningkatnya emisi gas buang.
b)      Tidak melakukan perawatan berkala terhadap alat produksi yang digunakan dan berdampak pada meningkatnya kebisingan suara.
PENEGAKAN ETIKA BISNIS GARUDA INDONESIA
PELAPORAN PELANGGARAN
  1. Petunjuk Pelaksanaan Pelaporan Pelanggaran
                Apabila Insan Garuda Indonesia menemukan bahwa sebuah keputusan atau tindakan inkonsisten dengan Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan, maka Insan Garuda Indonesia harus segera melaporkan hal tersebut kepada atasan langsung atau pihak-pihak yang disebutkan dalam Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan ini.
  1. Whistle Blowing System (WBS)
                Penyelesaian pelaporan pelanggaran merupakan salah satu bentuk peningkatan perlindungan Pemangku Kepentingan dalam rangka menjamin hakhak Pemangku Kepentingan berhubungan dengan perusahaan.
                Untuk menyelesaikan pelaporan pelanggaran, Perusahaan telah menetapkan kebijakan dan prosedur tertulis yang meliputi:
a)      Penerimaan pelaporan pelanggaran;
b)      Penanganan dan penyelesaian pelaporan pelanggaran;
c)       Perlindungan pelapor;
d)      Pemantauan penanganan dan penyelesaian pelaporan pelanggaran.
                Pihak-pihak yang berpartisipasi dalam pelaporan pelanggaran berhak mendapat perlindungan hukum dari perusahaan.
                Pihak-pihak yang berjasa menyelamatkan perusahaan dengan mengungkap perkara yang merugikan secara material dan non-material berhak mendapatkan penghargaan dari perusahaan.
SANKSI ATAS PELANGGARAN
                Atas pelanggaran terhadap Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan terdapat konsekuensi-konsekuensi:
1)      Insan Garuda Indonesia yang terbukti melakukan pelanggaran atas Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan dapat dikenai tindakan-tindakan disipliner berupa teguran lisan maupun tulisan, peringatan keras dengan skorsing sampai pemutusan hubungan kerja;
2)      Mitra Kerja Garuda Indonesia yang terbukti melakukan pelanggaran maka akan dikenakan sangsi sesuai dengan peraturan dan kebijakan yang telah ditetapkan perusahaan;
3)      Apabila kondisi yang ada melibatkan pelanggaran hukum, permasalahan dapat diteruskan kepada pihak yang berwajib;
4)      Apabila terbukti telah terjadi pelanggaran atas Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan maka sifat dari tindakan disipliner yang diberikan akan diusulkan oleh Komite Eksekutif Etika.
5)      Sifat dari tindakan disipliner yang diambil, akan tergantung dari keseriusan pelanggaran yang dilakukan.
SOSIALISASI
Garuda Indonesia meyakini bahwa sosialisasi merupakan tahapan penting dari penerapan Etika Bisnis dan Etika Kerja Perusahaan. Biro Etika atau Unit Corporate Secretary bertanggung jawab untuk mengkoordinir pelaksanaan sosialisasi secara efektif dan menyeluruh dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:
·         Mensosialisasikan Etika Bisnis & Etika KerjaPerusahaan dalam program orientasi Insan Garuda Indonesia sesuai dengan program yang diselenggarakan oleh Garuda Indonesia dan penyegaran secara berkala bagi seluruh Insan Garuda Indonesia;
·         Membangun komitmen bagi seluruh Mitra Kerja yang terkait dengan Garuda Indonesia;
·         Mengkaitkan penerapan etika sebagai bagian tidak terpisahkan dari praktik bisnis dan penilaian kinerja seluruh Insan Garuda Indonesia;


1 komentar:

  1. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus