Strategi Bersaing Bisnis
} Berfokus pada peningkatan posisi bersaing
produk atau jasa perusahaan dalam industri atau segmen pasar tertentu yang
dilayani perusahaan.
} Mengatasi masalah bisnis dan dapat menjawab
:Industri apa yang dijalani , dan Bagaimana industri dapat bersaing
Strategi Bersaing Porter
} Strategi generik, untuk mengungguli perusahaan
lain daam industri tertentu dengan diferensiasi dan dan biaya rendah.
} Keunggulan kompetitif, ditentukan oleh
jangkauan bersaing, keluasan sasaran pasar.
} Kepemimpinan biaya, merupakan strategi
bersaing dengan biaya rendah yang ditujukan untuk pasar luas dan mengharuskan
pembangunan secara agresif, fasilitas skala efisien, pengurangan harga,
pengendalian biaya, dsb
Strategi dalam Tindakan
} Fokus diferensiasi, seperti fokus biaya ,
konsentrasi pada kelompok pembeli, segmen lini produk, atau pasar geografis
tertentu.
} Resiko dalam Strategi Kompetitif, maksudnya
segala strategi bersaing yang dijalani perusahaan pastilah memiliki resiko
masing. Tugas strategis adalah, meminimalisir, melakukan pencegahan, dan
solusi.
Kombinasi Strategi Bersaing Porter
} Taktik bersaing, merupakan sebuah rencana
operasional khusus yang menjelaskan bagaimana, kapan, dan dimana sebuah
strategi diimplementasikan.
} Taktik waktu, merupakan taktik penggerak
pertama dengan peran waktu yang mampu membuat dan menjual sebuah produk atau
jasa baru sehingga ia memiliki keunggulan di pasar.
} Taktik Lokasi Pasar, mengimplementasikan
strategi bersaing baik secara ofensif atau defensif. Taktik secara ofensif
biasa mengambil tempat jauh dari posisi perusahaan saat ini di pasar. Taktik
secara defensif biasa mengambil tempat dalam posisi pasar perusahaan saat ini.
} Taktik menyerang, terbagi atas Frontal
Assault, Flanking Maneuver, Encirclement, Bypass attack, Guerilla Warfare.
} Taktik defensif, ditujukan untuk menurunkan
probabilitas penyerangan, dan mengubahnya ke arah yang tidak mengancam, dan
mengurangi intensitas serangan. Taktik defensif dilakukan dengan ; memperbesar
hambatan struktural, meningkatkan pembalasan yang diperkirakan, dan menurunkan
dorongan-dorongan untuk menyerang.
Strategi Pemasaran
} Dengan memanfaatkan strategi pengembangan
pasar
} Mengangkap pangsa pasar yang ada dan pasar
yang sudah jenuh
} Mengembangkan pasar baru
} Menggunakan strategi pengembangan produk
} Mengembangkan produk baru untuk pasar yang
sudah ada
} Mengembangkan produk baru untuk pasar baru
Strategi Finansial
} Untuk menyediakan perusahaan struktur
finansial dan dana yang cukup untuk mencapai tujuan
} Tingkat yang diharapkan dari hutang vs modal
vs pendanaan internal merupakan permasalahan pokok dalam strategi finansial
} Strategi finansial leveraged layout (LBO)
Strategi penelitian dan Pengembangan
} Dilakukan oleh perusahaan yang bergantung pada
teknologi untuk keberhasilannya
} sangat memperhatikan strategi R & D untuk
melengkapi strategi bisnisnya.
Strategi Operasi
Strategi Operasi menentukan bagaimana
dan di mana sebuah produk atau jasa di buat, tingkat integrasi vertikal yang di
butuhkan dan penyebaran sumber daya fisik yang diperlukan , dan hubungan dengan
pemasok yang diingini.
Strategi Sumber Daya Manusi dan Fungsional Lainnya
Strategi strategi dalam manajemen
sumber daya manusia (MSDM), sistem informasi (SI), dan bidang bidang fungsional
penting lain bagi perusahaan, bervarias menurut industrinya.
Beberapa Pilihan Strategi Fungsional
Pemasaran
- Eksapansi Penjualan ke dalam kelompok pelanggan baru
- Meningkatkan penetrasi dalam segmen pasar konsumen yang sudah
ada
- Mempertahankan pangsa pasar
Keuangan
- Pinjaman
jangka pendek
- Pinjaman
jangka panjang
- Pendanaan
ekuitas
- Pendanaan
ulang
- Kebijakan
dividen
R&D dan Operasi
- Penekanan
pada R&D
- Teknologi
- Kapasitas
Operasi
- Bahan
dan Perlengkapan
- Kualitas/produktivitas
Sumber Daya Manusia
- Rekrutmen
dan pelatihan
- Penilaian
dan manfaat
Sistem Informasi
- Perangkat
keras dan perangkat lunak
- Menghubungkan
sistem informasi dengan strategi bersaing perusahaan dan bisnis.
Strategi –strategi yang Harus Dihindari
} Mengikuti Pemimpin
} Pukul yang lain dan lari
} Bertempur
} Lakukan apa saja
} Kehilangan tangan
Pemilihan Strategi Terbaik
Karena
Banyak alternatif yang mungkin dipandang layak, bagaimanakah para manajer
menentukan strategi yang terbaik? George Steiner dan John Miner menyarakan para
manajer menjawab 20 pertanyaan untuk mengevaluasi strategi terbaik
20 pertanyaan untuk Mengevaluasi Strategi Terbaik
- Apakah strategi tersebut sesuai dengan
misi dan tujuan perusahaan ? Jika tidak, arena bersaing baru yang kurang
dikenal manajemen akan dimasuki ?
- Apakah strategi konsisten dengan
lingkungan eksternal perusahaan ?
- Apakah strategi konsisten dengan kekuatn
internal, tujuan, kebijakan, sumber daya dan nilai personal dari para
manajer dan karyawan ? Sebuah strategi mungkin tidak perlu sesuai dengan
hal tersebut, tetapi gangguan utama harus dihindarkan.
- Apakah strategi mencerminkan risiko
potensial, mengimbanginya terhadap laba potensial maksimal yang konsisten
dengan sumber daya dan prospek perusahaan ?
- Apakah strategi cocok dengan ceruk dalam
pasar perusahaan yang belum diisi oleh pesaing? Apakah ceruk itu akan
terbuka cukup lama bagi perusahaan untuk mendapatkan ROI ditambah dengan
tingkat laba yang diisyaratkan ? (Ceruk-ceruk sering cepat terisi)
- Apakah strategi tersebut bertentangan
dengan strategi perusahaan yang lain ?
- Apakah strategi dipecah lagi menjadi
sub-strategi yang saling berkaitan ?
- Pernahkah stratgi diuji dengan kriteria
yang layak (seperti konsistensi dengan trend masa lalu, saat ini dan
prospektif) dan menggunakan alat analisis yang tepat?
- Sudahkah strategi diuji dengan
mengembangkan rencna implementasi yang layak ?
- Apakah strategi benar-benar sesuai dengan
daur hidup produk perusahaan ?
- Apakah waktunya tepat ?
- Apakah strategi membuat produk melawan
pesaing yang kuat ? Jika ya, maka lakukan evaluasi ulang dengan hati-hati.
- Apakah strategi membuat perusahaan
menjadi tidak berdaya terhadap satu kekuatan pelanggan utama ? Bila ya,
pertimbangkan kembali dengan hati-hati.
- Apakah strategi melibatkan produksi
produk baru untuk pasar yang baru ? Bila ya, pertimbangkan kembali dengan
hati-hati.
- Apakaah sebuah perusahaan mempercepat
sebuah produk atau pasar baru ? Bila ya, pertimbangkan kembali dengan
hati-hati.
- Apakah strategi meniru pesaing ? Bila ya,
Pertimbangkan kembali dengan hati-hati.
- Apakah mungkin perusahaan dapat mencapai
pasar yang pertama dengan produk atau jasa baru ? Bila ya, maka ini adalah
keunggulan yang sangat baik.
- Apakah penilaian terhadap persaingan yang
jujur dan akurat telah dibuat ? Apakah persaingan dipandang di bawah
estimasi atau di atas estimasi ?
- Apakah perusahaan mencoba menjual ke luar
negeri sesuatuyang tidak dapat dijual di dalam negeri ? (Biasanya ini
bukan strategi yang sukses)
- Apakah pangsa pasar cenderung cukup untuk
memastikan ROI yang diisyaratkan
? (Pangsa pasar dan ROI umumnya berkaitan tetapi berbeda dari satu produk
/ pasar dengan produk / pasar lain). Apakah hubungan pasar dan produk
sudah dikalkulasi ?
Mengembangkan sebuah rencana implementasi
sementara untuk mengatasi kesulitan yang mungkin dihadapi manajemen karena itu merupakan sesuatu yang penting, antara
lain :
-
Menyusun skenario
-
Sikap manajemen
terhadap risiko
-
Tekanan-tekanan
dari lingkungan eksternal
-
Kebutuhan dan
keinginan dari manajer-manajer kunci
-
Pilihan strategis
Pengembangan Kebijakan
} Pemilihan strategi terbaik bukan akhir dri
perumusan strategi. Manajemen sekarang harus menetapkan kebijakan untuk
menentukan aturan dasar implementasi. Kebijakan-kebijakan tersebut memberikan
pedoman bagi pengambilan keputusan dan tindakan di seluruh organisasi.
} Kebijakan sangatlah penting bagi perusahaan
multiinasional yang cabang-cabangnya di wilayah geografis yang berbeda, merasa
bebas untuk membuat strategi produk secara independen.
} Beberapa kebijakan akan menjadi gambaran dari
factor sukses penting (Critical
Succes Factors = CSF) perusahaan.
} CSF ini adalah elemen-elemen yang menentukan
kesuksesan atau kegagalan strategi perusahaan, menekankan kompetensi perusahaan
untuk memastikan keunggulan kompetitif.
} Penelitian menunjukkan bahwa organisasi yang
memiliki kekuatan dalam CSF memenangkan persaingan. Faktor-faktor tersebut
berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
KESIMPULAN
Strategi fungsional memaksimalkan produktivitas sumber
daya, mengarahkan pada kompetensi tersendiri yang memberikan perusahaan atau
unit bisnis suatu keunggulan kompetitif. Dalam batasan-batasan strategisbisnis
dan perusahaan strategi fungsional menggabungkan beragam kegiatan dan
kompetensi dari setiap fungsi untuk meningkatkan kinerja.
Strategi
bisnis menjalankan aksi-aksi utama yang dilakukakn oleh suatu perusahaan untuk
memperkuat posisi kompetitifnya di pasar. Strategi bisnis terdiri dari :
} Strategi biaya rendah (low cost strategy), yaitu bisnis yang
menggunakan biaya rendah untuk menjadi efisisen dan menawarkan sebuah produk
standar tanpa menggunakan embel-embel apapun.
} Strategi diferensiasi, yaitu
perusahaan merusaha menjadi unik dalam industry atau segmen pasar pada beberapa
dimensi yang bernilai bagi konsumen.
} Strategi posisi, yaitu strategi yang
didasari pada kualitas produk yang tinggi, pemasaran dan distribusi yang baik,
dan pelayanan yang unggul.
Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.
BalasHapus