Sabtu, 11 Juli 2015

PERUMUSAN STRATEGI : STRATEGI FUNGSIONAL DAN BISNIS

Strategi Bersaing Bisnis

}  Berfokus pada peningkatan posisi bersaing produk atau jasa perusahaan dalam industri atau segmen pasar tertentu yang dilayani perusahaan.
}  Mengatasi masalah bisnis dan dapat menjawab :Industri apa yang dijalani , dan Bagaimana industri dapat bersaing

Strategi Bersaing Porter

}  Strategi generik, untuk mengungguli perusahaan lain daam industri tertentu dengan diferensiasi dan dan biaya rendah.
}  Keunggulan kompetitif, ditentukan oleh jangkauan bersaing, keluasan sasaran pasar.
}  Kepemimpinan biaya, merupakan strategi bersaing dengan biaya rendah yang ditujukan untuk pasar luas dan mengharuskan pembangunan secara agresif, fasilitas skala efisien, pengurangan harga, pengendalian biaya, dsb

Strategi dalam Tindakan

}  Fokus diferensiasi, seperti fokus biaya , konsentrasi pada kelompok pembeli, segmen lini produk, atau pasar geografis tertentu.
}  Resiko dalam Strategi Kompetitif, maksudnya segala strategi bersaing yang dijalani perusahaan pastilah memiliki resiko masing. Tugas strategis adalah, meminimalisir, melakukan pencegahan, dan solusi.

Kombinasi Strategi Bersaing Porter

}  Taktik bersaing, merupakan sebuah rencana operasional khusus yang menjelaskan bagaimana, kapan, dan dimana sebuah strategi diimplementasikan.
}  Taktik waktu, merupakan taktik penggerak pertama dengan peran waktu yang mampu membuat dan menjual sebuah produk atau jasa baru sehingga ia memiliki keunggulan di pasar.
}  Taktik Lokasi Pasar, mengimplementasikan strategi bersaing baik secara ofensif atau defensif. Taktik secara ofensif biasa mengambil tempat jauh dari posisi perusahaan saat ini di pasar. Taktik secara defensif biasa mengambil tempat dalam posisi pasar perusahaan saat ini.
}  Taktik menyerang, terbagi atas Frontal Assault, Flanking Maneuver, Encirclement, Bypass attack, Guerilla Warfare.
}  Taktik defensif, ditujukan untuk menurunkan probabilitas penyerangan, dan mengubahnya ke arah yang tidak mengancam, dan mengurangi intensitas serangan. Taktik defensif dilakukan dengan ; memperbesar hambatan struktural, meningkatkan pembalasan yang diperkirakan, dan menurunkan dorongan-dorongan untuk menyerang.

Strategi Pemasaran

}  Dengan memanfaatkan strategi pengembangan pasar
}  Mengangkap pangsa pasar yang ada dan pasar yang sudah jenuh
}  Mengembangkan pasar baru
}  Menggunakan strategi pengembangan produk
}  Mengembangkan produk baru untuk pasar yang sudah ada
}  Mengembangkan produk baru untuk pasar baru

Strategi Finansial

}  Untuk menyediakan perusahaan struktur finansial dan dana yang cukup untuk mencapai tujuan
}  Tingkat yang diharapkan dari hutang vs modal vs pendanaan internal merupakan permasalahan pokok dalam strategi finansial
}  Strategi finansial leveraged layout (LBO)

Strategi penelitian dan Pengembangan

}  Dilakukan oleh perusahaan yang bergantung pada teknologi untuk keberhasilannya
}  sangat memperhatikan strategi R & D untuk melengkapi strategi bisnisnya.

Strategi Operasi

Strategi Operasi menentukan bagaimana dan di mana sebuah produk atau jasa di buat, tingkat integrasi vertikal yang di butuhkan dan penyebaran sumber daya fisik yang diperlukan , dan hubungan dengan pemasok yang diingini.

Strategi Sumber Daya Manusi dan Fungsional Lainnya

Strategi strategi dalam manajemen sumber daya manusia (MSDM), sistem informasi (SI), dan bidang bidang fungsional penting lain bagi perusahaan, bervarias menurut industrinya.

Beberapa Pilihan Strategi Fungsional

Pemasaran

  1. Eksapansi Penjualan ke dalam kelompok pelanggan baru
  2. Meningkatkan penetrasi dalam segmen pasar konsumen yang sudah ada
  3. Mempertahankan pangsa pasar

Keuangan

  1. Pinjaman jangka pendek
  2. Pinjaman jangka panjang
  3. Pendanaan ekuitas
  4. Pendanaan ulang
  5. Kebijakan dividen

R&D dan Operasi

  1. Penekanan pada R&D
  2. Teknologi
  3. Kapasitas Operasi
  4. Bahan dan Perlengkapan
  5. Kualitas/produktivitas

Sumber Daya Manusia

  1. Rekrutmen dan pelatihan
  2. Penilaian dan manfaat

Sistem Informasi

  1. Perangkat keras dan perangkat lunak
  2. Menghubungkan sistem informasi dengan strategi bersaing perusahaan dan bisnis.

Strategi –strategi yang Harus Dihindari

}  Mengikuti Pemimpin
}  Pukul yang lain dan lari
}  Bertempur
}  Lakukan apa saja
}  Kehilangan tangan

Pemilihan Strategi Terbaik

Karena Banyak alternatif yang mungkin dipandang layak, bagaimanakah para manajer menentukan strategi yang terbaik? George Steiner dan John Miner menyarakan para manajer menjawab 20 pertanyaan untuk mengevaluasi strategi terbaik

20 pertanyaan untuk Mengevaluasi Strategi Terbaik

  1. Apakah strategi tersebut sesuai dengan misi dan tujuan perusahaan ? Jika tidak, arena bersaing baru yang kurang dikenal manajemen akan dimasuki ?
  2. Apakah strategi konsisten dengan lingkungan eksternal perusahaan ?
  3. Apakah strategi konsisten dengan kekuatn internal, tujuan, kebijakan, sumber daya dan nilai personal dari para manajer dan karyawan ? Sebuah strategi mungkin tidak perlu sesuai dengan hal tersebut, tetapi gangguan utama harus dihindarkan.
  4. Apakah strategi mencerminkan risiko potensial, mengimbanginya terhadap laba potensial maksimal yang konsisten dengan sumber daya dan prospek perusahaan ?
  5. Apakah strategi cocok dengan ceruk dalam pasar perusahaan yang belum diisi oleh pesaing? Apakah ceruk itu akan terbuka cukup lama bagi perusahaan untuk mendapatkan ROI ditambah dengan tingkat laba yang diisyaratkan ? (Ceruk-ceruk sering cepat terisi)
  6. Apakah strategi tersebut bertentangan dengan strategi perusahaan yang lain ?
  7. Apakah strategi dipecah lagi menjadi sub-strategi yang saling berkaitan ?
  8. Pernahkah stratgi diuji dengan kriteria yang layak (seperti konsistensi dengan trend masa lalu, saat ini dan prospektif) dan menggunakan alat analisis yang tepat?
  9. Sudahkah strategi diuji dengan mengembangkan rencna implementasi yang layak ?
  10. Apakah strategi benar-benar sesuai dengan daur hidup produk perusahaan ?
  11. Apakah waktunya tepat ?
  12. Apakah strategi membuat produk melawan pesaing yang kuat ? Jika ya, maka lakukan evaluasi ulang dengan hati-hati.
  13. Apakah strategi membuat perusahaan menjadi tidak berdaya terhadap satu kekuatan pelanggan utama ? Bila ya, pertimbangkan kembali dengan hati-hati.
  14. Apakah strategi melibatkan produksi produk baru untuk pasar yang baru ? Bila ya, pertimbangkan kembali dengan hati-hati.
  15. Apakaah sebuah perusahaan mempercepat sebuah produk atau pasar baru ? Bila ya, pertimbangkan kembali dengan hati-hati.
  16. Apakah strategi meniru pesaing ? Bila ya, Pertimbangkan kembali dengan hati-hati.
  17. Apakah mungkin perusahaan dapat mencapai pasar yang pertama dengan produk atau jasa baru ? Bila ya, maka ini adalah keunggulan yang sangat baik.
  18. Apakah penilaian terhadap persaingan yang jujur dan akurat telah dibuat ? Apakah persaingan dipandang di bawah estimasi atau di atas estimasi ?
  19. Apakah perusahaan mencoba menjual ke luar negeri sesuatuyang tidak dapat dijual di dalam negeri ? (Biasanya ini bukan strategi yang sukses)
  20. Apakah pangsa pasar cenderung cukup untuk memastikan ROI yang    diisyaratkan ? (Pangsa pasar dan ROI umumnya berkaitan tetapi berbeda dari satu produk / pasar dengan produk / pasar lain). Apakah hubungan pasar dan produk sudah dikalkulasi ?
Mengembangkan sebuah rencana implementasi sementara untuk mengatasi kesulitan yang mungkin dihadapi manajemen karena  itu merupakan sesuatu yang penting, antara lain :
-          Menyusun skenario
-          Sikap manajemen terhadap risiko
-          Tekanan-tekanan dari lingkungan eksternal
-          Kebutuhan dan keinginan dari manajer-manajer kunci
-          Pilihan strategis

Pengembangan Kebijakan

}  Pemilihan strategi terbaik bukan akhir dri perumusan strategi. Manajemen sekarang harus menetapkan kebijakan untuk menentukan aturan dasar implementasi. Kebijakan-kebijakan tersebut memberikan pedoman bagi pengambilan keputusan dan tindakan di seluruh organisasi.
}  Kebijakan sangatlah penting bagi perusahaan multiinasional yang cabang-cabangnya di wilayah geografis yang berbeda, merasa bebas untuk membuat strategi produk secara independen.
}  Beberapa kebijakan akan menjadi gambaran dari factor sukses penting   (Critical Succes Factors = CSF) perusahaan.
}  CSF ini adalah elemen-elemen yang menentukan kesuksesan atau kegagalan strategi perusahaan, menekankan kompetensi perusahaan untuk memastikan keunggulan kompetitif.
}  Penelitian menunjukkan bahwa organisasi yang memiliki kekuatan dalam CSF memenangkan persaingan. Faktor-faktor tersebut berbeda dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

KESIMPULAN

Strategi  fungsional memaksimalkan produktivitas sumber daya, mengarahkan pada kompetensi tersendiri yang memberikan perusahaan atau unit bisnis suatu keunggulan kompetitif. Dalam batasan-batasan strategisbisnis dan perusahaan strategi fungsional menggabungkan beragam kegiatan dan kompetensi dari setiap fungsi untuk meningkatkan kinerja.
Strategi bisnis menjalankan aksi-aksi utama yang dilakukakn oleh suatu perusahaan untuk memperkuat posisi kompetitifnya di pasar. Strategi bisnis terdiri dari :
}  Strategi biaya rendah (low cost strategy), yaitu bisnis yang menggunakan biaya rendah untuk menjadi efisisen dan menawarkan sebuah produk standar tanpa menggunakan embel-embel apapun.
}  Strategi diferensiasi, yaitu perusahaan merusaha menjadi unik dalam industry atau segmen pasar pada beberapa dimensi yang bernilai bagi konsumen.

}  Strategi posisi, yaitu strategi yang didasari pada kualitas produk yang tinggi, pemasaran dan distribusi yang baik, dan pelayanan yang unggul.

1 komentar:

  1. Saya Ibu Queen Daniel, A pemberi pinjaman uang, saya meminjamkan uang kepada indaividu atau perusahaan yang ingin mendirikan sebuah bisnis yang menguntungkan, yang menjadi periode utang lama dan ingin membayar. Kami memberikan segala jenis pinjaman Anda dapat pernah memikirkan, Kami adalah ke kedua pinjaman pribadi dan Pemerintah, dengan tingkat suku bunga kredit yang terjangkau sangat. Hubungi kami sekarang dengan alamat email panas kami: (queendanielloanfirm@gmail.com) atau (queendanielloanfirm@yahoo.com) Kebahagiaan Anda adalah perhatian kami.

    BalasHapus